Selasa, 08 November 2016

Resep Membuat Bola Coklat Kacang

Sumber : http://resepcaramemasak.info/resep-bola-bola-coklat-kacang-keju-oreo/

1. Resep Bola Bola Coklat Kacang Yummy

  1. Bahan utamanya berupa biskuit marie regal kurang lebih sebanyak 8-9 pcs saja.
  2. Coklat blok atau coklat batangan merek sesuai selera kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Setengah bagian untuk membuat bola coklatnya, sisanya untuk celupan nantinya.
  3. Susu kental manis merek sesuai selera kurang lebih sebanyak 2 sachet saja (ukuran yang biasa dijual diwarung). Sebaiknya menggunakan rasa coklat, tetapi kalau yang putih juga boleh.
  4. Mentega yang gurih kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja. Supaya mudah tercampur dengan bahan lain, sebaiknya dicairkan terlebih dahulu.
  5. Kacang tanah yang sudah disangrai sampai matang kurang lebih sebanyak 75 gram sampai 100 gram saja. Bisa diganti juga dengan kacang mede kalau suka.
  6. Coklat putih batangan secukupnya untuk bahan toppingnya. Bisa dihilangkan atau diganti dengan parutan keju juga.

Cara Membuat Kue Bola-bola Coklat Kacang

  1. Langkah pertama hancurkan biskuit regalnya sampai benar-benar halus dan sisihkan.
  2. Kacang tanah yang digunakan jangan digoreng pakai minyak ya, harap disangrai kemudian hancurkan dan tumbuk kacang. Tapi jangan sampai halus, cukup kasar saja.
  3. Kemudian tim atau masak coklat batangan dan coklat putihnya sampai lumer kemudian sisihkan. Bagi 2 coklat yang 200 gram sama banyak, 1/2 bagian untuk adonan sisanya untuk celupan dan toppingnya.
  4. Setelah lumer, ambil 1/2 bagian atau 100 gram coklatnya dan aduk sampai rata bersama dengan susu sachet dan mentega yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Tuang marie regal yang sudah ditumbuk sampai halus bersama dengan kacang sangrainya kemudian aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur rata dan bisa dibentuk.
  6. Ambil adonan tadi secukupnya dan bentuk bulatan-bulatan seperti bola. Ulangi sampia habis.
  7. Ingat, jangan bentuk bolatan terlalu besar ya supaya tampilannya cantik tetapi juga jangan terlalu kecil. Sesuai selera saja.
  8. Setelah adonan terbentuk semua, diamkan di dalam lemari pendingin supaya mengeras selama kurang lebih 1/4 jam.
  9. Ambil bola cokatnya kemudian celupkan di coklat tim sampai rata terus langsung celup juga ke coklat putihnya sampai rata.
  10. Diamkan lagi di lemari pendingin sebentar kemudian siap dihidangkan atau disimpan di toples kedap udara buat stok camilan sehat di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar