Senin, 07 November 2016

Resep Membuat Selai Srikaya

Sumber : http://resepme.com/cara-membuat-selai-srikaya-ala-home-made-praktis/

Cara Membuat Selai Srikaya Ala Home Made Praktis


Untuk Anda yang terbiasa membeli selai srikaya di minimarket, tak ada salahnya jika mencoba selai ini di rumah sendiri. Meskipun tergolong ribet, jika dibandingkan segi higienitas dan juga efisiensi lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, bunda juga bisa menambah resep selai srikaya sebagai menu baru yang bisa dikuasai. Untuk bahan-bahannya sendiri, selai srikaya ini tidaklah sulit karena bisa menemukannya di pasaran tradisional atau di supermarket.Cara membuat selai srykaya sendiri bukanlah dibuat dari bahan dasar buah srikaya. Selai biasanya dibuat dari bahan dasar gula, telur dan juga santan. Berbeda dengan orang Indonesia yang menamainya selai srikaya, orang Malaysia dan Singapura sendiri menyebutnya dengan kaya toast untuk olesan roti. Selai srikaya sendiri memiliki variasi warna, seperti coklat, hijau maupun oranye. Tergantung dari tingkat kematangan gula, warna dari kuning telur hingga penambahan bahan esens pandan.
Cara membuat selai srikaya sebenarnya cukup mudah untuk diikuti, hanya saja cara memasaknya yang tergolong agak sulit. Namun, jika bunda sudah terbiasa membuatnya maka akan lebih mudah lagi membuat sendiri di rumah. Selain menghemat anggaran, juga menyehatkan karena kita bisa memilih bahan-bahan pembuatannya. Berbeda dengan membeli selai yang instan dijual di pasaran. Bunda bisa menjaga anak-anak bunda dari makanan berbahan pengawet yang berbahaya untuk tubuh. Dengan begitu, jika Anda selalu membuat makanan sendiri di rumah, anak-anak pun akan lebih aman dan tetap terjaga kesehatannya. Adapun cara membuat selai srykaya mudah di rumah ala homemade, bisa dengan mengikuti tips dan langkahnya berikut ini ala resep masakan indonesia🙂
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat selai srikaya:
  • 200 cc santan kental yang segar
  • 50 gram gula jawa, sisir halus
  • 4 butir kuning telur, lalu kocok lepas
  • 3-4 lembar daun pandan, lalu potong-potong (bisa juga menggunakan esens pandan yang secukupnya)
  • 3 sdm gula pasir
Resep selai srikaya enak:
  1. Pertama-tama campur pandan, gula dan santan pada wajan dan panaskan menggunakan api yang sedang sembari diaduk terus menerus, hal ini untuk meminimalisir adonan santan yang mudah pecah.
  2. Kemudian matikan api ketika campuran tersebut mulai mendidih.
  3. Setelah itu, ambil sedikit adonan campuran santan, lalu tuangkan pada telur yang telah dikocok sembari diaduk merata.
  4. Setelah itu, tuangkan lagi adonan campuran telur pada panci yang sudah berisi santan yang telah dicampur dengan bahan-bahan di atas. Lalu panaskan pada api sedang sembari diaduk secara terus menerus.
  5. Jika sudah 5 menit, maka campuran agak mengental lalu kecilkan api kemudian masak lagi sampai mencapai kekentalan yang Anda inginkan.
  6. Kemudian matikan api, lalu dinginkan dan simpai selai yang sudah jadi tadi pada botol yang tertutup.
  7. Maka selai pun siap dioleskan pada roti tawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar